Tarif Sewa Kantor dan Apartemen di Jakarta Melejit

Dalam enam bulan terakhir, tarif sewa dasar di gedung perkantoran daerah sentra bisnis dalam satuan dolar AS meningkat 25 persen menjadi rata-rata US$26,6 /meter persegi/bulan

Tarif sewa perkantoran di berbagai daerah sentra bisnis yang terdapat di kawasan DKI Jakarta meningkat hingga mencapai 25 persen karena semakin terbatasnya suplai perkantoran di daerah tersebut.

"Dalam enam bulan terakhir, tarif sewa dasar di gedung perkantoran daerah sentra bisnis dalam satuan dolar AS meningkat 25 persen menjadi rata-rata US$26,6 /meter persegi/bulan," kata Direktur Riset konsultan properti Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, hari ini.

Ia memaparkan, tren tersebut diperkirakan akan terus terjadi karena ketersediaan jumlah ruang perkantoran yang berkualitas di daerah sentra bisnis telah menjadi langka.

Bahkan, lanjutnya, pada saat ini diperkirakan hanya terdapat sekitar 4,1 persen ruang perkantoran yang kosong yang tersedia pada kuartal kedua tahun 2012.

Sementara di sektor apartemen, rata-rata harga apartemen yang berada di daerah sentra bisnis juga telah meningkat sebanyak 20 persen menjadi sebanyak Rp27,5 juta/meter persegi.

"Kenaikan ini dipicu oleh meningkatnya harga tanah di daerah sentra bisnis," katanya.

Sedangkan terkait sektor perumahan untuk kalangan ekspatriat, Ferry mengemukakan bahwa suplai yang tersedia di sejumlah daerah lokasi seperti Pondok Indah, Kebayoran, dan Kemang juga berkurang karena semakin banyak ekspatriat pindah ke Indonesia.

Untuk sektor ritel, setelah stagnan selama beberapa periode, pasar ritel Jakarta akhirnya menunjukkan peningkatan tarif sewa dasar yang moderat yaitu sebesar 9 persen karena banyak mal dan pusat perbelanjaan yang telah penuh dan telah direnovasi total.

Terakhir, untuk sektor industri, harga tanah di kawasan industri juga menunjukkan lonjakan seperti di Serang yang menunjukkan perubahan harga rata-rata sebesar 26 persen menjadi US$107,53 /meter persegi/bulan dibanding kuartal sebelumnya.

Peningkatan harga pada kuartal kedua 2012 juga terjadi yaitu sebesar 6-9 persen baik di Bekasi maupun Karawang.

Penulis: Antara/ Ayyi Achmad Hidayah

sewa apartemen jakarta

Sumber : http://www.beritasatu.com/hunian/69733-tarif-sewa-kantor-dan-apartemen-di-jakarta-melejit.html