Membeli Apartemen Siap Huni

Membeli apartemen bisa dilakukan melalui penjual pertama (biasanya pengembang) atau dapat pula dari secondary market. Cara yang kedua ini umumnya memiliki kekhususan bahwa apartemen dalam keadaan sudah siap huni. Agar tidak menjadi masalah di kemudian hari dan tidak ada kekecewaan, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut.
  1. Cari informasi tentang harga pasar apartemen di lokasi tersebut atau di sekitarnya untuk memperoleh harga beli yang wajar.
  2. Pastikan pemilik lama telah melunasi seluruh tagihan sebelumnya, yaitu service charge, listrik, telepon, air, dan PBB (dari tahun awal sampai terakhir). Jangan ragu untuk memeriksa silang ke bank tempat pembayaran PBB atau ke kantor pajak setempat.
  3. Kenali karakter tetangga dan lingkungan di sekitar apartemen agar lebih mudah menyesuaikan diri.
  4. Tanyakan kepada pengelola tentang sistem perawatan fasilitas yang ada dan cara penggunaannya, misalnya penggunaan ruangan serbaguna (multifunction room), parkir kendaraan, dan kolam renang.
  5. Perhatikan kondisi peralatan yang ada, seperti lift dan hidran.
  6. Cari tahu berapa banyak unit yang telah dihuni dan berapa yang masih kosong karena akan berpengaruh pada kenyamanan tinggal.