Apartemen Mau Disewakan Juga Bisa

Membeli apartemen untuk disewakan merupakan salah satu alternatif untuk berinvestasi di bidang properti. Apa saja yang harus diperhatikan ?

1. Penyewa Potensial dan Lokasi yang Disukai
Pada umumnya, penyewa apartemen yang potensial adalah para ekspatriat, yaitu orang asing yang bekerja di Indonesia. Merekalah yang biasanya berani membayar cukup tinggi dan menyewa dalam waktu yang cukup lama. Ada ekspatriat yang tinggal sendiri dan adapula yang tinggal bersama keluarganya.
Para ekspatriat yang bekerja dan tinggal sendiri biasanya cenderung memilih lokasi apartemen yang dekat dengan tempat kerjanya. Yang dicari umumnya lokasi di sekitar kawasan pusat bisnis atau CBD (central bisiness district). Para ekspatriat yang tinggal bersama keluarganya cenderung memilih lokasi yang dekat dengan fasilitas pendidikan anak-anaknya (international school).
Ada kecenderungan ekspatriat dari negara tertentu seperti Jepang menyukai hidup berkoloni, yaitu tinggal di gedung apartemen yang sama.

2. Furnitur dan Perabotan
Apartemen dapat disewakan dalam keadaan kosong atau lengkap dengan furnitur dan perabotan lainnya. Hal ini sangat berkaitan dengan besarnya biaya investasi pemilik dan besarnya tarif sewa apartemen.
Walaupun menyewakan dalam keadaan kosong, sebaiknya tetap melengkapi dengan beberapa jenis furnitur dan perabotan standar.

3. Jangka Waktu Sewa
Umumnya apartemen disewakan dengan jangka waktu minimal satu tahun dan dibayar di muka sepenuhnya. Namun ad juga yang menawarkan untuk jangka waktu 6 bulan, 3 bulan atau bulanan. Bahkan saat ini banyak pula sewa apartemen harian. Untuk sewa apartemen harian ini biasanya ditujukan bagi para penyewa yang membutuhkan sewa apartemen dalam waktu pendek. Misal orang dari luar kota Jakarta ada kepentingan bisnis atau berlibur di kota Jakarta. Daripada menyewa hotel, menyewa apartemen harian bisa jauh lebih hemat, karena dengan menyewa apartemen bisa dapat menampung lebih banyak misal untuk satu keluarga. Atau juga sewa apartemen harian ini ditujukan misal ada keluarga dari luar kota datang, mungkin karena rumah yang dimiliki tidak mampu menampung semua keluarga yang datang, sewa apartemen harian ini bisa menjadi alternatif.

4. Mencari Penyewa
Mencari penyewa apartemen saat ini bukanlah pekerjaan yang terlalu sulit. Karena permintaan dari penyewa yang cukup tinggi. Penyewa bisa saja memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, misal menggunakan search engine google. Dari hasil pencarian bisa didapatkan berbagai pilihan sewa apartemen.