Apartemen dan Gaya Hidup

Dalam beberapa tahun terakhir, apartemen menjadi produk properti yang banyak diminati masyarakat. Terlebih lagi setelah banjir dahsyat menimpa Jakarta pada 2002 lalu, banyak orang berbondong-bondong pindah ke apartemen. Apartemen memang sedang naik daun sehingga banyak pengembang yang berlomba-lomba untuk membangun dan memasarkannya.

Awalnya apartemen lebih dikenal sebagai tempat tinggal bagi orang asing (ekspatriat), orang kaya, atau mereka yang telah terbiasa tinggal di luar negeri. Namun sekarang ini tinggal di apartemen sudah dianggap sebagai gaya hidup, terutama bagi para eksekutif muda yang ingin hidup serba nyaman, aman, praktis, dan efisien.

Harga tanah di pusat kota yang sudah terlalu mahal tidak memungkinkan bagi pengembang membangun perumahan / real estate. Maka solusi yang terbaik adalah membangun tempat tinggal secara vertikal dalam jumlah yang cukup banyak agar dapat dinikmati oleh banyak orang. Karena itulah umumnya di pusat kota dan tempat-tempat strategis, seperti dekat pintu tol, pusat bisnis, atau pusat kegiatan lainnya apartemen dibangun.
Sebagai sebuah hunian yang memiliki kekhususan jika dibanding dengan hunian biasa (landed house), motivasi orang ketika membeli pun umumnya didasari pada hal-hal khusus yang dimiliki apartemen.